Saturday, December 15, 2012

Evolusi CBIS

Nama   : Dessy Puspita
Kelas   : 3DA03
Npm    : 41210849





PENDAHULUAN

Agar suatu perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain dalam memperkenalkan produk barang maupun jasa yang dimilikinya kepada konsumen diberbagai belahan dunia, maka dibutuhkan suatu sistem informasi yang tepat agar dapat memberikan petunjuk aktual tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh setiap komponen dalam perusahaan tersebut. Sistem informasi yang tepat, tentunya akan menghasilkan informasi yang cepat, akurat dan dapat dipercaya.
Computer Based Information System (CBIS) atau Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan. Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya. Berikut ini adalah subsistem dari CBIS yang berpengaruh terhadap proses evolusi CBIS : 
1. Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
2. Sistem Informasi Manajemen (SIM)
3. Sistem Operasi Perkantoran (SOP)
4. Sistem Penunjang Keputusan (SPK)
5. Sistem Pakar.



PEMBAHASAN

1.      Sistem Informasi Akuntansi
Sistem Informasi Akuntansi merupakan sistem informasi yang melaksanakan aplikasi akuntansi perusahaan, yaitu sebagai pengolah data perusahaan. Sistem informasi akuntansi adalah satu-satunya sistem informasi yang bertanggung jawab memenuhi kebutuhan informasi di luar perusahaan, meyediakan informasi untuk seluruh lingkungan kecuali pesaing.
Tugas utama sistem informasi sebagai berikut :
a.      Pengumpulan Data
Setiap tindakan yang dilakukan oleh perusahaan yang melibatkan elemen lingkungan maka kegiatan tersebut disebut dengan transaksi. Sistem pengolahan data mengumpulkan data yang menjelaskan setiap tindakan internal perusahaan dan transaksi lingkungan perusahaan.

b.      Manipulasi Data
Manipulasi data adalah tugas yang berupa pengubahan data menjadi informasi. Manipulasi data sebagai berikut :
·         Classification, identifikasi dan pengelompokan data menggunakan pengkodean terhadap catatan transaksi.
·         Sorting, penyusunan sesuai aritmetika dan logika yang dilakykan pada elemen data.
·         Summarizing, penyimpulan data sehingga dihasilkan total, rata-rata dan lain-lain.
c.       Penyimpanan Data
Penyimpanan data merupakan data yang telah dicatat kemudian disimpan dalam media penyimpanan sekunder, dan diintegritasikan secara logis dalam bentuk database.

d.      Penyediaan Dokumen
·        Tindakan, yaitu output yang dihasilkan jika terjadi sesuatu
·         Waktu, yaitu output yang dihasilkan pada saat tertentu

Peran Sistem Informasi Akuntansi Dalam CBIS:
a.       Sistem Informasi Akuntansi menghasilkan beberapa output informasi dalam bentuk laporan akuntansi standar.
b.      Sistem Informasi Akuntansi menyediakan database yang lengkap untuk digunakan dalam pemecahan masalah.
2.      Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi Manajemen merupakan suatu sistem berbasis database komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa, pengertian dari SIM. Para pemakai biasanya membentuk suatu entitas formal perusahaan.

Peran SIM dalam CBIS :
SIM menggunakan data yang telah disediakan SIA dalam database, dan informasi lain yang berasal dari lingkungan. Isi dari database tersebut digunakan oleh software untuk membuat laporan periodik dan laporan khusus, serta model matematika untuk mensimulasikan aspek operasi perusahaan. SIM tidak berkewajiban menyediakan informasi bagi lingkungan.

3.      Sistem Operasi Perkantoran
Dalam upaya memecahkan masalah seorang problem solver akan banyak membuat keputusan. Keputusan harus diambil untuk menghindari atau mengurangi dampak negatif atau untuk memanfaatkan peluang.
Tujuan Sistem Operasi Perkantoran :
a. Menghindari Biaya, komputer tidak dapat menggantikan pegawai saat ini, tetapi setidaknya menunda penambahan poegawai yang diperlukan untuk menangani penambahan beban kerja,
b. Pemecahan Masalah kelompok, memberikan kontribusi untuk komunikasi antar manajer
c. Pelengkap, OA tidak dapat menggantikan komunikasi interpersonal tradisional seperti tatap muka,percakapan telepon, tulisan memo, dan sejenisnya, tetapi OA bersifat melengkapi sehingga jika dikombinasikan dengan media tradisional akan memberikan sinergi.

4.      Sistem Penunjangan Keputusan
Dalam upaya memecahkan masalah seorang problem solver akan banyak membuat keputusan. Keputusan harus diambil untuk menghindari atau mengurangi dampak negatif atau untuk memanfaatkan peluang. Keputusan terbagi menjadi :
a.       Keputusan terprogram, bersifat berulang dan rutin.
b.    Keputusan tak terprogram, bersifat baru dan tidak terstruktur, tidak ada metode pasti untuk menanganinya karena belum pernah terjadi sebelumnya.
Tujuan Sistem Penunjang Keputusan, adalah :
a. Membantu manajer membuat keputusan untuk pemecahan masalah semi terstruktur.
b. Mendukung penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya
c.  Meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan manajer daripada efisiensinya.

5.      Sistem Pakar
Sistem pakar adalah sebuah sistem informasi yang memiliki intelegensia buatan yang menyerupai intelegensia manusia. 
Karakteristik sistem pakar :
a. Memiliki kemampuan belajar atau memahami masalah dari pengalaman
b. Memberikan tanggapan yang cepat dan memuaskan terhadap situasi baru
c. Mampu menangani masalah yang kompleks
d. Memecahkan masalah dengan penalaran
e. Menggunakan pengetahuan menyelesaikan masalah




KESIMPULAN

Evolusi system informasi manajemen berdasarkan CBIS ini mempunyai banyak peranan dalam kehidupan sehari hari ,khususnya dalam bidang basis computer system. Sistem informasi manajemen merupakan sebuah system informasi yang memiliki integrasi antar sub systemnya. Jadi di era globalisasi ini kita harus bias mengetahui adanya Evolusi system informasi manajemen berdasarkan CBIS ini jaman ini.



 Sumber :
http://asep-saepudin.blogspot.com/2007/10/cbis-sistem-informasi-berbasis-komputer.html
http://fardiansyah7fold.wordpress.com/evolusi-sistem-informasi-manajemen-berdasarkan-cbis-computer-base-information-system/
http://cbis-inkgie.blogspot.com/

       http://fotografi.blog.gunadarma.ac.id/?p=2402










No comments:

Post a Comment

Post a Comment