Monday, March 25, 2013

Tugas Softskill 1 Analisis Laporan Keuangan




Laporan Keuangan


Nama : Dessy Puspita
Kelas : 3DA03
Npm   : 41210849


Huuuaaaa akhirnya datang juga yah semester 6, mmm deg deg’n banget neh buat ngehadapin di semester terakhir ini. Huh Hah HARUS SEMANGAT 45!!! Dan untuk tulisan pertama kali di semester 6 ini yaitu mengenai Laporan Keuangan jadiiii hari ini saya akan menjelaskan. Apa sih Laporan Keuangan itu? Fungsinya apa? Tujuannya apa? Jenisnya apa saja? Dan bentuk laporan keuangan itu seperti apa sih? Soooo, Enjoy Readers ya guys.....

1.    Pengertian Laporan Keuangan
Bagi kita-kita anak akuntansi/ekonomi pasti sering dong yah mendengar istilah Laporan Keuangan??? Pasti pake bangetlah hhee. Yup laporan keuangan itu seringkali kita kerjakan pada saat kita mendapat soal dari dosen maupun aslab, yang ujung-ujungnya kita harus buat laporan keuangan untuk mengetahui bagaimana kondisi perusahaan dalam soal yang kita dapat itu termasuk laba/rugi serta mengatahui aktivitas apa saja yang terjadi pada suatu perusaan tersebut. Untuk mengetahui lebih jelasnya silahkan simak pengertian Laporan Keuangan dibawah ini dari sudut pandang berbagai ahli :
a.       Dalam Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Laporan Keuangan adalah :
“Laporan yang menggambarkan dampak keuangan dari transaksi dan peristiwa lain yang diklasifikasikan dalam beberapa kelompok besar menurut karakteristik ekonominya”. (IAI, 2002 : par 47)
b.   Menurut Mamduh M. Hanafi dan Abdul Halim, dalam buku Analisis Laporan Keuangan  (2002:63), Laporan Keuangan adalah laporan yang diharapkan bisa memberi informasi mengenai perusahaan, dan digabungkan dengan informasi yang lain, seperti industri, kondisi ekonomi, bisa memberikan gambaran yang lebih baik mengenai prospek dan risiko perusahaan.

Jadi kesimpulannya Laporan Keuangan itu adalah laporan yang memberikan informasi atau menggambarkan kondisi keuangan suatu perusahaan pada jangka waktu tertentu serta menggambarkan kinerja manajemen suatu perusahaan apakah dalam kondisi yang baik atau tidak.

2.    Fungsi Laporan Keuangan
Fungsi Laporan Keuangan adalah sebagai dasar untuk dapat menentukan atau melakukan penilaian atas posisi keuangan perusahaan tersebut. Dengan menggunakan hasil analisis tersebut, maka pihak-pihak yang berkepentingan dapat mengambil suatu keputusan. Melalui laporan keuangan juga akan dapat dinilai kemampuan perusahaan untuk memenuhi seluruh kewajiban-kewajibannya baik jangka pendek maupun jangka panjang.

3.    Tujuan Laporan Keuangan
Tujuan umum dari laporan keuangan, yaitu sebagai berikut:
a.    Memberikan informasi keuangan yang dapat dipercaya mengenai sumber-sumber ekonomi, kewajiban, serta modal suatu perusahaan.
b.  Memberikan informasi yang dapat dipercaya mengenai perubahan dalam sumber-sumber ekonomi bersih/netto suatu perusahaan yang timbul dari aktivitas0aktivitas usaha dalam rangka memperoleh laba.
c. Memberikan informasi keuangan untuk membantu para pemakai laporan dalam mengestimasi/memperkirakan potensi perusahaan dalam menghasilkan laba.
d.     Memberikan informasi penting lainnya mengenai perubahan dalam sumber-sumber ekonomi dan kewajiban, seperti informasi mengenai aktivitas pembelanjaan dan penanaman.
e.   Mengungkapkan sebanyak mungkin informasi lainnya yang berhubungan dengan laporan keuangan yang relevan untuk kebutuhan pengguna laporan, seperti informasi mengenai kebijakan akuntansi yang diterapkan perusahaan.

4.    Jenis-Jenis Laporan Keuangan
a.        Neraca (Balance Sheet)
Neraca adalah suatu laporan yang menggambarkan mengenai jumlah aktiva, hutang, serta modal suatu perusahaan pada saat tertentu.
       Neraca dapat dibagi dalam 2 kelompok, yaitu:
1.      Neraca Staffel/Report Form
Neraca ini dilaporkan satu halaman vertical. Disebelah atas dicantumkan total aktiva dan dibawahnya disajikan pos kewajiban dan pos modal.


2.      Neraca Skontro/Account Form
Disini aktiva disebelah kiri dan kewajiban serta modal ditempatkan disebelah kanan, sehingga penyajiannya sebelah menyebelah. 


b.      Laporan Laba/Rugi
Laporan laba/rugi merupakan laporan keuangan yang berisi informasi tentang aktivitas usaha perusahaan dengan memperhitungkan pendapatan dan beban selama periode tertentu sehingga dapat ditentukan laba atau rugi. Laporan laba/rugi dapat disusun dalam bentuk single step dan multiple step. 


c.       Laporan Perubahan Modal
Laporan perubahan modal berisi informasi mengenai modal awal, laba atau rugi perusahaan, prive dan modal akhir. 


d.      Laporan Arus Kas
Laporan Arus Kas menyajikan informasi tentang perubahan atau aliran kas selama satu periode akuntansi. Dan perubahan arus kas tersebut terjadi karena adanya penerimaan dan penggunaan kas. 


e.       Catatan atas Laporan Keuangan
Catatan atas laporan keuangan meliputi penjelasan atau daftar terinci atau analisis atas nilai suatu pos yang disajikan dalam Laporan Realisasi Anggaran, Neraca dan Laporan Arus Kas.





Sumber : 
Indriani, Epi._____.Akuntansi Untuk Orang Awam & Pemula . Niaga Swadaya.Jakarta

http://romannurbawastore.wordpress.com/2012/05/06/pengertian-laporan-keuangan-menurut-pakar-ahlinya/
 







No comments:

Post a Comment